Sabtu, 05 November 2011

Sosok Inspiratif di Psikologi Unair

Pak Harjo
Pulang-pergi Surabaya-Lamongan setiap hari demi menjaga kebersihan fakultas kita tersayang.

Namanya Pak Harjo. Beliau adalah salah satu karyawan yang sudah bekerja selama 4 tahun di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Pekerjaan beliau yaitu,  membersihkan toilet gedung fakultas psikologi, mulai dari lantai 1-3. Selain itu, selama 3 tahun ini, bapak satu anak tersebut juga ditugasi untuk mengurus surat-surat di fakultas psikologi, baik surat undangan rapat, surat untuk dosen fotokopi berkas-berkas dan surat-surat lainnya. “ya pokoknya urusan surat-menyurat Mbak. “ ungkap beliau kepada insighter.

Setiap jam 5 pagi, pak Harjo sudah harus pergi naik kereta dari lamongan menuju Surabaya. Sekitar jam setengah 7 pagi, ia sudah sampai di fakultas psikologi dan langsung membersihkan toilet lantai 1-3. Selesai membersihkan toilet, biasanya Pak Harjo mengurusi surat-surat  (kalau ada), jika tidak ada surat yang harus di antar atau berkas yang harus difotokopi, Pak Harjo biasanya mengecek kembali toilet lantai 1,2 dan 3. “supaya gak ada Komplain,” ujar bapak berusia 42 tahun ini. Sore harinya, pak Harjo naik kereta pukul 16.20 untuk kembali ke rumahnya, di Lamongan. Setiap hari beliau menjalani aktivitas seperti itu. Rasa letih juga  dirasakan oleh Pak Harjo. “Ya capek, Mbak. Tapi ya harus semangat biar gak terasa capeknya,“ kata pak Harjo. “Kalo capek, sampe rumah, liat anak, capeknya sepertinya hilang, Mbak,“ tambahnya sambil tersenyum.    

Ketika ditanya, apakah Pak Harjo pernah mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan selama bekerja? Pak Harjo bercerita kadang-kadang toilet di fakultas psikologi itu kotor, ada orang yang tidak menyiram kloset setelah dipakai, atau kadang-kadang ketika mengantar surat, orang yang dituju dalam surat tersebut tidak ada di tempat. Tetapi dengan bijaksana, Pak Harjo mengatakan, “Ya manusia pasti kan ada kesalahan, Mbak, yang penting itu kita memiliki kesadaran.” Pak Harjo sadar, sudah menjadi tugasnya untuk membersihkan toilet. Tapi, kita, sebagai penghuni Fakultas Psikologi, harusnya juga sadar bahwa kita juga harus menjaga kebersihan Fakultas kita tercinta, termasuk toilet. Kita harusnya malu sama diri sendiri kalau kita sengaja membuat fasilitas fakultas yang tadinya bersih dan terawat jadi kotor dan rusak. (uli)  

0 komentar:

Posting Komentar