Sabtu, 05 November 2011

Sosok-sosok Inspiratif yang Terlupakan Di Kampus UNAIR (1)

Bapak Suprapto
Pak tua penjaga lalu lintas di depan gerbang kampus B Universitas Airlangga Surabaya

Pernah melihat sosok mirip seniman Betawi, Pak Tile di depan Gerbang Kampus B UNAIR? Yah, beliau bernama Pak Suprapto atau akrab dipanggil Mbah Wek (Kakek Tua). Mbah wek yang kerap menggunakan topi polisi warna putih, rompi oranye kebesaran bertuliskan “petugas disiplin” dan mengalungkan dua peluit ke lehernya seakan menggugah keinginan Insighter untuk berkenalan dengan beliau.

Setiap pagi, beliau sudah standby di penitipan anak depan gerbang kampus (sekarang sedang dibangun perluasan RSUD). Siang harinya, pindah ke tempat parkir di depan Magister Manajemen kampus B  Unair, kemudian sorenya menjaga lalu lintas di depan gerbang kampus B Unair. Beliau bekerja hingga pukul 6 sore.

“Bapak kerja di sini itu bukan dua atau tiga tahun Mbak, tapi sudah tiga belas  tahun,” ujar bapak berusia 60 tahun ini yang selalu tampak berseri. Pak tua yang setiap harinya menggunakan topi polisi berwarna putih, rompi kebesaran yang bertuliskan ‘petugas disiplin’ berwarna orange dan mengalungkan dua pluit di dadanya ini tidak berhenti tersenyum saat Insighter mengajaknya berbincang-bincang. 

Pak tua yang satu ini juga dikenal ramah pada setiap orang. Tak pelak, ia selalu menyapa orang-orang yang ada di sekitarnya, baik pejalan kaki yang melintas di depan gerbang, mahasiswa, bahkan tukang becak dan penjual makanan yang mangkal dekat gerbang. Apalagi, beliau selalu mendoakan orang yang memberinya uang atau makanan.

Semangatnya yang tiada henti patut kita tiru. Meski harus berdiri berpanas-panasan atau bahkan kehujanan ketika bekerja namun beliau tetap menyunggingkan senyum. Beliau berharap untuk dapat selalu sehat dan kuat selama bekerja agar dapat terus menyekolahkan kedua anaknya serta membahagiakan keluarganya. (uli)

1 komentar:

  1. Semoga beliau selalu diberi kesehatan..
    anw, beliau dipekerjakan oleh UNAIR atau memang inisiatif bekerja menyeberangkan seperti kebanyakan polisi cepek di jalan raya?
    lalu ada lagi mas okley.. kita seringkali menyebutnya begitu karena mas tersebut selalu memakai kacamata hitam necis merk 'okley'.
    Apakah mas okley ada hubungan keluarga dengan Pak Tile?
    misteri yah..

    BalasHapus