Selasa, 23 April 2013

Good News from Debater

18 sampai 21 April 2013, tim debat Fakutas Psikologi Universitas Airlangga mengikuti ajang kompetisi debat se-Jawa. Debat yang mengusung tema Keluarga Sehat di Indonesia ini bertempat di Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Psikologi UA mengirimkan dua tim debatnya, yaitu tim UA 1 yang terdiri dari Agus, Dwika dan Mustika, dan tim UA 2 yang terdiri dari Atik, Lucky dan Handy.






Lomba debat bernama PICASO (Psychology Academic Soegijapranata) didikuti oleh 20 tim dari 13 Universitas. Pada tanggal 19 April dari 20 tim tersebut, akan melewati 3 babak penyisihan dan akan diambil delapan besar. Pada penyisihan pertama, tim UA 2 berhasil mengalahkan tim Undip 2 dengan margin 1. Sedangkan tim UA 1 harus merelakan kehilangan winning point setelah kalah dari tuan rumah dengan margin 0,5. Pada hari yang sama, dilansungkan penyisihan kedua, kali ini tim UA 1 menghadapi tim Undip 2 yang sebelumnya dikalahkan oleh tim UA 2. Dengan mudah, tim UA 1 memenangkan perdebatan dengan margin yang cukup besar, yaitu 6. Di lain sisi, tim UA 2 harus berbesar hati untuk menerima kekalahan dari Universitas Islam Bandung dengan margin 1. Dengan demikian, tim UA 1 dan tim UA 2 sama-sama meraih 1 winning poin dengan margin 5,5 untuk tim UA 1 dan margin 0 untuk tim UA 2.

Langkah tim debat psikologi UA akan ditentukan pada penyisihan ke tiga yang diadakan tanggal 20 April. Penyisihan ke tiga ini, baik tim UA 1 maupun tim UA 2 harus mendapatkan winning pion agar tetap bisa melaju ke delapan besar. Sayangnya, tim UA 1 dan tim UA 2 harus bertemu pada saat yang sangat menentukan ini. Akhirnya, tim UA 2 harus mengakui tim UA 1 dengan margin 2. Hasil ini mengantrakan tim UA 1 melaju ke delapan besar.

Perjuangan belum selesai, di hari yang sama tim UA 1 berhadapan dengan tim debat dari Universitas Islam Yogyakarta (UII). Meskipun menghadapi mosi impromptu, namun tim UA 1 tetap berhasil menekuk tim debat UII. Selanjutnya, tim UA 1 melangkah ke semi final bersama 3 tim lainnya yaitu Universitas Bina Nusantara Jakarta (Binus), Universitas Pelita Harapan Surabaya (UPH) 1 dan 2. Untuk perebutan tiket final, tim UA 1 harus menghadapi tim debat UPH 1 dan Binus melawan UPH 2. Namun tim UA 1 harus mengakui keunggulan tim UPH 1, sedangkan Binus ditekuk UPH 2.

Pada tanggal 21 April, diselenggarakan babak final UPH 1 melawan UPH 2 dan perebutan tempat ketiga yaitu tim UA 1 melawan Binus. Pertandingan perebutan juara 3 dimulai terlebih dahulu. Agus, Dwika dan Mustika sebagai ksatria UA 1 terlihat siap melawan Bina Nusantara Jakarta. Setelah melewati perdebatan yang cukup sengit, tim juri memutuskan untuk memilih Bina Nusantara sebagai juara 3. Babak final antara sesama tim debat dari UPH dimenangkan oleh UPH 1. Dengan demikian, tim UA 1 telah mengukir prestasi yang patut dibanggakan karena mampu menempati 4 besar dalam debat PICASO tersebut. Go Fight and Win untuk tim debat Fakultas Psikologi UA. Tetap semangat untuk menjadi yang terbaik suatu saat nanti. (atk)

0 komentar:

Posting Komentar