Kamis, 11 April 2013

[HASIL POLLING] UJIAN ONLINE

Berita ujian yang dilakukan secara online baik dari dalam negeri maupun luar negeri sepertinya teman-teman sebelumnya sudah pernah mendengar ya? Nah, karena heboh berita tersebut, maka fakultas kita baru-baru ini mencoba mengadakan ujian secara online untuk beberapa mata kuliah Ujian Tengah Semester. Inovasi fakultas ini tentu menjadi sesuatu hal yang baru dan diperbincangkan oleh teman-teman psikologi. Oleh karena itu, insighters menyebarkan polling untuk melihat respon dari mahasiswa yang kemarin melakukan ujian online. Berikut adalah hasil yang kami dapatkan:

Sebanyak 72.5% responden mahasiswa setuju diadakannya ujian online dan sisanya sebanyak 27.5% menyatakan tidak setuju. Tapi secara keseluruhan responden sebelumnya sudah pernah mendengar berita tentang ujian online. Yang menjadi alasan teman-teman menyetujui adanya ujian online ini antara lain karena kelebihan ujian online yang dinilai praktis. Ujian online ini memang memudahkan mahasiswa karena tidak perlu ribet membulatkan jawaban dan memudahkan dosen dalam penginputan nilai. Alasan lain yang dipertimbangkan dalam ujian online adalah penghematan biaya, waktu, dan jarak. Sebaliknya yang menjadi kekurangan dalam ujian online ini adalah adanya error atau instruksi yang kurang jelas serta penggunaan waktu yang tergesa-gesa. Kejujuran juga dinilai kurang terjamin karena mahasiswa dibagi menjadi beberapa kloter. Walaupun secara keseluruhan ujian online ini sudah berjalan dengan baik dan mendapat tanggapan positif.

Harapan yang ditujukan untuk ujian online kedepannya adalah teman-teman menyarankan agar ujian online ini disosialisasikan dengan baik kepada seluruh mahasiswa psikologi agar menghindari adanya kebingungan saat pengerjaan. Lalu adanya pengawasan yang lebih ketat, serta diperbagus lagi fasilitas agar waktu menjadi lebih efisien. Mudah-mudahan kedepannya ujian online difakultas kita semakin baik ya. Selamat Ujian Tengah Semester teman-teman semuanya :). (chi)

0 komentar:

Posting Komentar