Senin, 30 Mei 2011

Be a Social Entrepreneur, be a change makers


 Angka  penganggguran di Indonesia menembus angka 8,32 juta orang. Jumlah pengangguran itu setara dengan 7,14 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah 238 juta. Persentase jumlah penduduk miskin sebanyak 13,33 persen atau sekitar 31 juta jiwa. Jumlah anak jalanan adalah 230.000 anak, 1,2 juta anak balita telantar, 3,2 juta anak telantar dan 5.952 anak berhadapan dengan hukum (ABH) [Badan Pusat Statistik 2009].
Melihat kondisi yang demikian, tentunya diperlukan sebuah upaya konkret untuk menyelesaikannya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat yang merata adalah melalui entrepreneur social. Diperlukan sebuah upaya untuk memasyarakatkan dan mendukung kegiatan tersebut
Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan, menyatakan saat ini jumlah wirausaha di Tanah Air baru sebanyak 0,24 persen dari total populasi penduduk. Maka dari itu, upaya untuk menumbuhkan serta mendukung adanya entrepreneur social sangat dibutuhkan.
Social Entrepreneur adalah seseorang yang mengerti permasalahan sosial. Tak hanya mengerti, ia juga menggunakan kemampuan entreprenership-nya untuk melakukan perubahan sosial. Perubahan ini dilakukan dalam berbagai bidang, mulai dari kesejahteraan masyarakat, kesehatan, hingga pendidikan.
Keberhasilan dari social entrepreneur, tidak dilihat dari banyaknya keuntungan yang didapatkan dari usaha yang dilakukan. Hal yang lebih ditekankan adalah besarnya manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat dari kegiatan tersebut.
Berikut adalah peran social entrepreneurs dalam meningkatkan perekonomian negara :
- Membuka lapangan pekerjaan                                              
- Menciptakan inovasi dan kreasi terhadap produksi barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat
- Meningkatkan kesetaraan perekonomian
Berdasar fakta-fakta di atas, tidakkah kita, para pemuda, tergerak untuk menjadi social entrepreneur ? Untuk mengubah keadaan yang sudah membuat banyak rakyat mengeluh. Ayo lakukan dari apa yang kita bi'sa. (uli).

Be a change makers.
Jangan tanya apa yang bangsa berikan untukmu, tapi tanyakan apa yang dapat kamu berikan untuk bangsa Ini.
-Ir. Soekarno-

0 komentar:

Posting Komentar